Batik merupakan salah satu dari kekayaan budaya bangsa Indonesia. Pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Hal ini dilatarbelakangi oleh makna, budaya dan teknik pada batik yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia; terutama budaya jawa.

Batik yang kaya akan makna terus berkembang penerapannya dalam dunia modern. Keragaman motifnya menjadi sumber inspirasi yang tidak pernah habis digali untuk menjadi ekspresi visual dan identitas. Berbagai perusahaan baik swasta maupun pemerintah hingga komunitas dan keluarga kini menggunakan batik sebagai identitas organisasi.

Sebagai perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1947, Batik Semar siap melayani kebutuhan tersebut. Pelayanan yang diberikan dimulai dari eksplorasi motif batik, desain pakaian, produksi kain dan garmen, hingga seragam siap pakai yang merepresentasikan kebutuhan masing-masing.

Hal ini merupakan upaya untuk mengembangkan serta mengembangkan batik sebagai kekayaan budaya dan kebanggaan nasional Indonesia. Batik Semar siap melayani pemesanan seragam batik bagi pihak manapun; dari instansi pemerintah, organisasi swasta hingga acara-acara keluarga.