Pemilihan Putra Putri Soloraya 2009
30 November 2009

Surakarta, 23 Nopember 2009
Pada malam grand-final Ryo dan Rafita bersaing ketat bersama sepuluh peserta lainnya yang berasal dari berbagai pelosok Soloraya. Dengan Kesigapannya menjawab berbagai pertanyaan mengenai keragaman seni budaya, adat istiadat, sejarah dan potensi Solora. Dan rupanya Ryo dan Rafita berhasil mencuri perhatian dewan Juri yang terdiri dari Ageng Sriayu, Bambang ”Benk” Mintosih, Sruti Respati, Hendrik Wijaya, dan terakhir Herman Priyono. Ryo memperoleh 361,66 poin dan Rafita memperoleh 383,33 poin.
Sementara runner up pertama diraih oleh Tiara Kencana dan runner up kedua diraih oleh Maria Pujiastuti. Sedangkan Kentara Caesar yang berasal dari Solo menyabet Juara Favorit dan atas dasar pemilihan penonton yang hadir pada acara tersebut.
Menjelang detik detik diumumkannya pemenang kedua belas finalis Putra Putri Pesona Soloraya 2009 tampil elegan dengan mengenakan baju baju koleksi dari Batik Semar. Sedangkan pemenang Putra Putri Pesona Soloraya 2009 kategori anak diraih oleh Anggrehini Kusumaningru, Jennifer Imogen, dan Gloria Alicia, sedangkan juara favorit adalah Agatha Cintya. (Goesprie/team liputan Batik Semar)